Selasa, 14 Agustus 2012

Mencari data / Mencari informasi



Di dalam era serba internet seperti sekarang ini, kita tentu membutuhkan informasi untuk menentukkan aktivitas apa yang akan kita lakukan. Kita butuh film A misalnya, maka kita dapat mencari film tersebut dari suatu situs, kita ambil contoh Ganool. Informasi berbagai film ada disitus ini, dari film kuno pada tahun 1960-an hingga film Box Office terbaru. Selain film terdapat pula data-data lain seperti info game, info software, dan lain sebagainya. Diantara data-data tersebut banyak pula data yang belum merupakan informasi yang kita perlukan. Di situs tersebut semua data-data seakan-akan menjadi informasi yang dibutuhkan oleh semua orang/pengunjung situs yang datang.

Setiap kali berkunjung, selalu ditampilkan data-data baru. Data-data tersebut jadi kita klik karena dibuat suatu kebiasan data adalah informasi. Padahal dengan melakukan hal ini waktu kita jadi terbuang karena kita mendapatkan informasi yang tak seharusnya kita butuhkan sekarang. Kita cari film namun yang kita download tidak hanya film, melaikan ditambahi game, software, dan music.

Perlulah kita sadari betapa pentingnya menjaga integritas informasi, klu emang gak penting ya gak usah di-download lah, jangan jadikan dirikita itu budak data, tapi kita harus memenuhi kebutuhan hidup berdasarkan informasi. Kitalah yang menentukkan informasi,dan bukan data yang menentukkan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar